Jumat, 28 Juli 2023

MANFAAT DANA DESA 2023.. Penanggulangan Stunting dengan Pemberian Makanan Tambahan di desa Citalang Kec Purwakarta



Purwakarta. Dana Desa Pemdes Citalang tahun 2023 diserap juga untuk Program Penanggulangan Stunting dengan kegiatan Pemberian Makanan Tambahan (PTM) yang dilakukan oleh kader Pembangunan Masyarakat (KPM).

Hal itu disampaikan oleh Mohamad Kosasih SE selaku kades Citalang Kec. Purwakarta pada saat sosialisasi Pelaksanaan giat tersebut.

“Pelaksana kegiatan ini dilakukan oleh para Kader Pembangunan Manusia ( KPM ) dalam bentuk pemberian makanan tambahan ( PMT ) dan Jumlah yang mendapatkan PMT khusus program pencegahan stunting di desa citalang ada 10 jiwa,” ungkapnya. Rabu (26/7).

Sementara itu Kordinator KPM desa Citalang Meila Purnamawati memaparkan data ke 10 jiwa tersebut kisaran usia dari 0 sd 49 bulan.

berikut disampaikan Rinciannya,
RW 1 : 1 orang Balita
RW 2 : 2 orang Balita
RW 3 : 4 orang Balita
RW 4 : 1 orang Balita
RW 6 : 1 orang Balita
RW 7 : 1 orang Balita

Pemberian Makanan Tambahan ini dilaksanakan 90 hari mulai dari bulan Mei sd Juli 2023 yang dilaksanakan oleh kader yang selalu berkordinasi dan bimbingan dari ibu Kokom Komariah (bu Kades).

Ditempat yang sama Mulyono selaku Kasi Pelayanan memaparkan secara transparan nilai yang diserap dari Dana Desa tahun 2023.

“Besaran pagu anggaran Dana desa untuk program Penangunlangan Stunting tahun 2023 yang di kelola oleh Kader KPM sesuai apbdes sebesar Rp 39.940.000 termasuk untuk insentif para kader selama 12 bulan,” paparnya.

Ditemui juga Tenaga Pendamping Profesional (Tpp) kemendesa Kec Purwakarta Puji Sumaya dalam pendampingan kegiatan ini selalu berkordinasi dengan pelaksana pengguna anggaran Mulyono ( Kasi Pelayanan ) desa citalang agar penggunaan dana desa tepat sasaran serta tertib administrasinya.

Tak hanya itu Puji juga mengulas nama – nama kader KPM dan areal tugasnya sebagai berikut :
Bu Yani RW 1, Bu Ngatinem RW 2, Bu Cucu RW 3, Bu Meila RW 4, Bu Tita RW 4, Bu Yuyun RW 6 dan Bu Wida RW 7. (puji)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar