Minggu, 13 Agustus 2023

Desa Wisata di Sukabumi Berikut Wajib Dikunjungi

.

Desa Wisata Hanjeli, Sukabumi, Jawa Barat. (Instagram:@desawisatahanjeli)

KimLembur . Pernahkah kamu mendengar tentang desa wisata sebelumnya  ?    Hampir di seluruh wilayah di Indonesia selalu saja ada desa wisata yang menawarkan paket rekreasi sekaligus edukasi budaya bagi para pengunjungnya. Tak terkecuali di Sukabumi.
 
Tahukah kamu bahwa ada sejumlah desa wisata di Sukabumi yang dapat kamu kunjungi. Disamping paket wisata, sejumlah desa tersebut juga menawarkan pagelaran budaya dan tradisinya yang khas. Jadi, dengan berkunjung ke desa-desa wisata tersebut, selain menjadi sarana rekreasi bisa juga menjadi edukasi.

1. Desa Wisata Pasirbaru
 
Desa Wisata Pasirbaru dapat menjadi pilihan yang cocok sebagai destinasi liburan keluarga.
 
Di desa wisata ini, kamu dapat mengunjungi beberapa objek wisata. Kamu dapat mengeksplor keindahan bukit, sungai, goa dan pantai. Di tempat ini pula, kamu bisa melakukan aktivitas surfing di Pantai Cikembang. 
 
Kita juga bisa melihat para nelayan berkegiatan mencari ikan di laut., desa wisata yang satu ini menawarkan paket wisata yang begitu lengkap.
 
2. Desa Wisata Hanjeli

Desa Wisata Hanjeli merupakan desa wisata pertama di Indonesia yang mengembangkan olahan pangan Hanjeli.
 
Hanjeli sendiri merupakan tanaman pangan yang dapat menjadi sumber karbohidrat. Tanaman ini juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi sehingga dapat pula dimanfaatkan oleh penderita osteoporosis.

Nah, Desa Wisata Hanjeli ini dibuat untuk melestarikan pangan lokal yang hampir punah. Masyarakatnya membuat olahan pangan dari hanjeli dengan pendekatan eduwisata agar dapat menjadi nilai tambah ekonomis untuk masyarakat.
 
Jadi saat berkunjung ke desa ini, kamu dapat melihat dan melakukan praktik langsung terkait pembudidayaan tanaman hanjeli. 

Bila ingin bermalam disini, kamu juga bisa menyewa sebuah penginapan yang ada di desa ini. Desa Wisata Hanjeli beralamat di Waluran, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

3. Desa Wisata Cisande
 
Salah satu desa wisata di Sukabumi yang sudah populer adalah Desa Wisata Cisande.
Desa wisata yang satu ini menyimpan sejumlah potensi pariwisata dan menawarkan paket atraksi budaya yang menarik.
 
Atraksi budaya yang dapat kamu lihat di desa wisata ini yakni ngubeuk kulah, bercocok tanam, rebana Sunda, hingga menonton atraksi pencak silat.
 
Selain itu kamu juga bisa berwisata dengan melakukan trekking di Bukit Cemara 1. Kamu juga dapat melakukan kegiatan air seperti River Tubing dan menyusuri aliran sungai yang ada di desa ini. Desa Wisata Cisande beralamat di Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.
 
Nah itulah beberapa desa wisata di Sukabumi yang dapat kamu kunjungi bersama keluarga.

Sumber: Native Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar