Selasa, 15 Agustus 2023

RUMAH ADAT CITALANG Desa Citalang Kec Purwakarta Kab Purwakarta


KimLembur Rumah Adat Citalang adalah salah satu rumah adat yang terletak di Gang Patinggi 3, Dusun Karangsari, Desa Citalang Kecamatan Purwakarta Provinsi Jawa Barat . Tepatnya pada koordinat 06° 32' 371" lintang selatan  dan 107° 27' 822" bujur timur .Rumah Adat Citalang ini merupakan peninggalan dari Raden Mas Sumadireja yang dibangun kurang lebih tahun 1905, dirancang oleh Muhammad Nata Wireja (Amil di Desa Citalang) dan Muhammad Ruki (Sesepuh Dusun Palumbungan) dengan peralatan sederhana. 

Rumah  ini dibangun untuk tempat tinggal Raden Mas Sumadireja. Pada saat dibangun Raden Mas Sumadireja adalah Kepala Desa  Citalang III atau terkenal dengan sebutan Patinggi III. Raden Mas Sumadireja sendiri merupakan putra Bupati Brebes Jawa Tengah yang diberi tugas berjuang mengusir para penjajah   ke Batavia (Jakarta ) bersama tiga orang saudaranya dan prajuritnya Akibat dari pertempuran  tidak seimbang dengan pasukan penjajah Belanda , maka beliau terdesak dan memutuskan untuk mundur. Beberapi kali beliau sempat berpindah-pindah daerah untuk menghindari desakan pasukan Belanda. Daerah yang disinggahi antara lain Karawang Purwakarta  , Citalang Plered hingga pada akhirnya tinggal di Desa Citalang. Beliau menetap di Desa Citalang hingga akhir hayatnya pada tahun 1921. Raden Mas Sumadireja dimakamkan di Pemakaman Pasir Kerabau Citalang.

Bangunan rumah berada di tengah pekarangan yang luasnya mencapai 1.350 meter persegi. Bagian sisi depan pekarangan (utara)  dipagar dengan besi   sedangkan tiga sisi lainnya menggunakan pagar tanaman. Gerbang masuk berada di tengah-tengah sebelah utara. Posisi ini lurus dengan pintu  bangunan rumah. Halaman sekeliling rumah dibuat kebun dengan berbagai tanaman. Bangunan rumah ini menggunakan konsep rumah panggung atau berkolong yang memiliki ketinggian kira-kira 0,8 meter, berdenah empat persegi panjang yang berukuran 10 x 15 meter. Untuk menopang bangunan rumah digunakan batu  tatapakan yang berjumlah 28 buah dengan ukuran 80 x 40 x 40 centimeter

Sumber Wikipesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar