Jumat, 04 Agustus 2023

Syaiful Huda Ketua Komisi X DPR RI Membuka Forum Penguatan Jejaring dan Tatakelola Destinasi Desa Wisata

Purwakarta. Kimlembur. Syaiful Huda Ketua Komisi X DPR RI membuka kegiatan Forum Peenguatan Jejaring TataKelola Desa Wisata  pada Hari Jumat tanggal 4 Agustus 2023 di Panayangan Bukit CInta Jl Raya Wanawa;i Kecamatan Cibatu Kab Purwakarta. Dalam sambutannya beliau mengharapkan bahwa  desa wisata di kabupaten purwakarta bertambah dan semakin maju kedepannya sehingan dapat mendongkrak pendapatan asli desa nya , ini semua bisa karena sudah ada desa yang membuktikannya,

Dr. S Utari Widyastuti S,Sos,M,I,Kom selaku Direktur Pengembangan Destinasi menyampaikan sambutannya bahwa " mendorong peningkatan kualitas destinasi pariwisata agar memiliki nilai ketertarikan daya saing dan keberlanjutan serta sebagai upaya meningkatkan lama tinggal wisatawan diperlukan tata kelola destinasi pariwisata ". 

Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif cq Deputi bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastrujtur  mengeluarkan undangan  Nomot : B/UND/255/DI.02/D.3.4/2023 mengadakan kegiatan Forum Penguatan Jejaring dan Kelola Desa Wisata  di kabupaten Purwakarta  . Peserta yang hadir dalam kegiatan gelombang 1 ini terdiri dari para Kepala Desa  atau yang mewakili dari  Kec Wanayasa.  Kec Kiarapedes, Kec Bungursari, kec Babakancikao,  Kec CIbatu , kecc Purwakarta, Kec Campaka, Kec Pasawahan, Kec Pondoksalam  dan Pegiat Desa Wisata..

Kusmayadi selaku Ketua Politeknik Sahid menjadi Narasumber menerangkan bahawa Potensi atraksi dan aktivitas di desa wisata  dapat digali dari .  Melihat ( See ), Melakukan ( Do ) Membeli ( Buy ) Mempelajari ( Learn ) , Menginap ( Stay ), dan menginga ( Remember ),  Dan Potensi wisata dapat berasal dari Alam, Budaya dan Buatan.  Yang perlu di perhatikan  adalah mengenai . Unggul, Profesional, Kompetitif dan Mudah dijangkau. Perlu adanya Inovasi agar tidak terjadi stagnasi dalam pengembangan desa wisata. Phetahelix Pengembangan Desa Wisata yang perlu di bahas dalam musdes  menyangkut pemerintahan Desa, Pelaku Usaha, Media dan AKomodasi.

Bagi pemdes yang akan mewujudkan desanya menjadi desa wisata dengan meperhatikan potensi di wilayahnya dapat memulai dalam penyusunan Rkpdes untuk tahun berikutnya sehingga Apbdesnya dapat mensupor baik dalam pemberdayaan maupun sarana lain bermitra dengan Bumdes dan bekordinasi dengan pegiat desa wisata serta pendamping desa diwilayahnya ujar Kusmayadi..  ( puji )


Tidak ada komentar:

Posting Komentar