Kamis, 03 Agustus 2023

PAKET MENU PMT. Pencegahan stunting desa Citalang

Purwakarta. Program Kegiatan Pemberian Makanan Tambahan  ( PMT ) untuk pencegahan stunting yang biayanya teranggarkan dari dana desa pihak pemdes berkordinasi dengan Staf ahli gizi dari puskesmas kecamatan. Untuk Desa Citalang berkordinasi dengan Puskesmas Kecamatan Purwakarta dan ahli gizi yang di tugaskan adalah Erni Dwigantini Fariji, S. Tr.Gz dan Fitri Dyah Pitaloka, A.Md.Gz  ujar Kokom Komariah ( bu Kades Citalang )

Fitri Dyah Pitaloka A. Md.Gz  menyampaikan informasi  bahwa syarat PMT balita  adalah makanan harus bergizi seimbang. Artinya ada karbohidrat, pro hewani, pro nabati, sayur dan buah. Untuk porsi dan tekstur makanan nya bisa disesuaikan dengan usia balita, usia 6-8 bulan disaring, 9-11 bulan makanan cincang/lunak, untuk 12 bulan ke atas bisa diberikan makanan keluarga/ nasi. Lalu, ada makanan selingan untuk balita yg bisa diberikan 1-2x dalam sehari.

Menu Paket PMT untuk pencegahan stunting di desa Citalang terdiri dari Nasi putih, Sayur SOP telur puyuh ,Nageut tahu ,Stik daging sapi. Puding jagung ,Susu UHT, Biskuit Marie dan Buah ujar bu Meila kord Kader pembangunan Manusia ( KPM ) desa Citalang 

Dalam Kegiatan ini kordinasi antara kader KPM dengan Penggerak Posyandu selalu dijaga. dan di desa citalang ada 7 Kelompok Posyandu , yang tiap kelompok  ada ketua nya. Nama nama ketua kelompok sebagai berikut

Posyandu Kenanga 1     Bu rokayah

Posyandu Kenanga 2     Bu mimi

Posyandu Kenanga 3     Bu Juju

Posyandu Kenanga 4     Bu wini

Posyandu Kenanga 5     Bu Asep

Posyandu Kenanga 6     Bu Lina

Posyandu Kenanga 7     Bu Lilis

Tenaga Pendampng Profesional ( TPP ) Kemendesa Kec Purwakarta  Puji S  menyampaikan harapan agar di desa dampingannya kordinasi para kader dengan pihak puskemas kecamatan berjalan dengan baik dan maksimal untuk memberikan pelayanan pada masyarakat di desa citalang. (puji)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar