Selasa, 08 Agustus 2023

Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda menutup Kegiatan Forum Penguatan Jejaring Tata Kelola Desa Wisata di Kab Purwakarta

Purwakarta. Kimlembur. Syaiful Huda Ketua Komisi X DPR RI  Menutup Kegiatan Forum Penguatan Jejaring Tata Kelola Desa Wisata gelombang 2  pada Hari Selasa tanggal 8 Agustus 2023 di Litbang Kramik  Plered. Musium Keramik Anjun Kecamatan Plered  Kabupaten Purwakarta ..  Dalam sambutannya beliau mengharapkan bahwa  desa wisata di kabupaten purwakarta bisa  bertambah dan semakin maju kedepannya sehingan dapat mendongkrak pendapatan asli desa nya . Beliau mendorong desa untuk dapat mempergunakan anggaran dana desa pada prioritas yang dapat meningkatkan pendapatan asli desa ( PADes ) , dan salah satunya adalah terwujudnya DESA WISATA..  Anggaran kegiatan desa wisata bisa Multiyears  dan berkelanjutan sesuai regulasasi dan tahanap perencanaan pembangunan di desa,

Kegiatan Forum Penguatan Jejaring dan Kelola Desa Wisata  gelombang ke 2 ini  di ikuti oleh para kepala desa dari Kec Plered, Kec Tegalwaru, Kec Maniis, Kec Sukatani, Kec Jatiluhur, Kec Sukasari, Kec Darangdan, para pegiat Desa Wisata., Tenaga Pendamping Profesional ( TPP ) Kemendesa kabupaten Purwakarta, juga dihadiri oleh Anggota DPRD Purwakarta Ceceng ABdul Qodir.

Sementara itu Kabid Pariwisata pada Disporaprbud Kab Purwakarta Acep Yuli Mulya menyampaikan informasi dalam sambutannya bahwa di purwakarta Desa Wisata sudah berjalan meskipun baru sekttar 10 sd 11 desa wisata, seperti cotoh desa wisata berkembang yakni Desa  Tajur. dan kedepannya berharap Desa Wisata di Kabupaten Purwakarta semakin bertambah dan berkembang.

Dr. S Utari Widyastuti S,Sos,M,I,Kom selaku Direktur Pengembangan Destinasi menyampaikan sambutannya bahwa " mendorong peningkatan kualitas destinasi pariwisata agar memiliki nilai ketertarikan daya saing dan keberlanjutan serta sebagai upaya meningkatkan lama tinggal wisatawan diperlukan tata kelola destinasi pariwisata ". ..

Kusmayadi selaku Ketua Politeknik Sahid menjadi Narasumber menerangkan bahawa Potensi atraksi dan aktivitas di desa wisata  dapat digali dari .  Melihat ( See ), Melakukan ( Do ) Membeli ( Buy ) Mempelajari ( Learn ) , Menginap ( Stay ), dan menginga ( Remember ),  Dan Potensi wisata dapat berasal dari Alam, Budaya dan Buatan.  Yang perlu di perhatikan  adalah mengenai . Unggul, Profesional, Kompetitif dan Mudah dijangkau. Perlu adanya Inovasi agar tidak terjadi stagnasi dalam pengembangan desa wisata. Phetahelix Pengembangan Desa Wisata yang perlu di bahas dalam musdes  menyangkut pemerintahan Desa, Pelaku Usaha, Media dan AKomodasi.

Arif Rahman selaku TA PMD Kemendesa Kab Purwakarta setuju apa yang di sampaikan Saiful Hulda ketua Komisi X DPR RI bahwa Pembangunan perintisan Desa Wisata sumber dananya dapat mempergunakan dari Dana Desa  baik dalam pemberdayaan ataupun suport sarana penunjangnya sesuai dengan tahapan regulasi asal di tempuh mulai dari Rpjmdes, Rkpdes dan Apbdes  di desanya  . (puji)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar